Transportasi Umum


Nah kesempatan ini saya tertarik untuk berbagi cerita tentang transportasi umum. Transportasi yang dimaksud adalah alat transportasi sehari hari yang dipakai secara umum atau masal oleh masyarakat pada suatu daerah atau negara.

Yang akan saya sharing kusus di negar Korea misalnya, ada transportasi umum yang berupa bis dan kereta. Sebetulnya hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Yang membedakan hanyalah ketertiban dan kedisiplinan dari pemakainya, baik itu penumpang maupun pengemudinya.

Sebagai gambaran saja, untuk stasiun dan terminal di Korea sudah terintegrasi dengan baik. Dan juga ditata sedemikian rupa sehingga tampak bagus dan menarik, tanpa menghilangkan fungsi aslinya. Bahkan hampir disetiap stasiun dan terminal pasti sudah terintegrasi dengan market, baik itu pasar tradisional maupun mall.

Di Korea transportasi sudah terjadwal dengan sangat baik. Bahkan dihalte halte bis tempat kita  menunggu bisa tahu berapa menit lagi bis akan datang dan bis jurusan mana yang akan datang, karena disetiap bis dan halte sudah terkoneksi dengan jaringan wifi yang terintegrasi. Setiap naik dan turunpun penumpang wajib disetiap halte yang sudah ditentukan. Tidak semaunya sendiri seperti dinegara kita tentunya hehehe... jadi kalau mau naik ataupun turun wajib dilakukan disetiap halte.

Di Korea kita yang wajib menunggu dan mencari kendaraan yang akan kita naiki. Karena disini bukan kendaraan yang uber uberan penumpang buat kejar setoran melainkan penumpanglah yang harus menyesuaikan jadwal dari kendaraan yang  mereka butuhkan. Dengan demikian semua akan tertata dan terjadwal dengan baik. Dan yang pasti disini transportasi umum sangat aman, nyaman dan murah.

Untuk teman teman yang tinggal didaerah kota (metropolitan) akan lebih mudah dan murah jika mempunyai kartu transportasi umum (교통카드). Karena dengan menggunakan kartu akan mendapatkan potongan pembayaran, dan jika akan naik ketujuan lain sebelum 30 menit setelah kita turun dari kendaraan pertama maka kartu kita tidak akan terpotong lagi alias gratisss....

Yah mudah mudahan juga dapat merasakan yang seperti ini besok  kalo sudah pulang ke Indonesia....


0 Response to "Transportasi Umum"

Post a Comment

Feature Post

Finance Hhgregg

10102016 Synchrony Financial has provided a consumer financing program for hhgregg through the hhgregg Credit Card for more than 17 years. ...

Trending This Week

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel